TAKUT PENUAAN DINI? COBALAH TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK

Foto artikel

TAKUT PENUAAN DINI? COBALAH TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK

Siapapun pasti tidak mau terlihat lebih tua dari usia sebenarnya kan? Penuaan dini biasanya ditandai dengan kulit wajah yang nampak bergaris, kendur, keriput, dan sebagianya. Proses penuaan dini juga dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit maupun kegagalan pada organ tubuh.

Selain itu, banyak orang juga yang belum mengetahui tentang betapa pentingnya oksigen bagi tubuh sebagai sarana penyembuh jaringan tubuh yang rusak, baik di kulit maupun tulang. Kulit sangat membutuhkan oksigen agar tetap sehat, karena oksigen dapat membantu produksi kolagen, elastin, serta produk lain yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan kulit yang sehat. Semakin bertambahnya usia, buruknya sirkulasi pembuluh kapiler sudah jadi barang tentu, sehingga yang terjadi pasokan oksigen dan gizi yang mencapai sel-sel kulit berkurang. Akibatnya terjadilah dehidrasi kulit.

Untuk usia 30 tahun, kadar oksigen mengalami penurunan hingga 25 % dan pada usia 40 tahun kadar oksigen bisa berkurang hingga 50 %. Dengan tingginya polusi dapat menyebabkan seseorang kehilangan oksigen yang lebih tinggi lagi. Untuk normalnya, kulit akan memperbaharui sendiri setiap 28 hari, akan tetapi bila oksigen dan gizi terasa tidak cukup di dalam tubuh, proses reproduksi sel akan melemah atau bisa dikatakan sel kulit baru menjadi tidak sehat. Hal inilah yang dapat menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan kulit yang namapk bergaris, keriput maupun kendor.

Penuaan dini juga erat kaitannya dengan kenaikan frekuensi perubahan mood, ingatan yang berjangka pendek, serta lamban dalam memberikan jawaban. Itu merupakan contoh dari efek penuaan dini pada sebagaian besar orang. Selain itu, proses penuaan dini pun mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit maupun kegagalan organ.

Salah satu terapi peremajaan kulit yang baik untuk dapat dipertimbangkan, yaitu terapi oksigen hiperbarik (HBOT/ ). Pada awalnya digunakan untuk membebaskan penyelam dari bahaya yang dikenal dengan dengan sebutan “Penyakit pengurangan tekanan udara” atau istilah lainnya “the bends” yang terjai dikarenakan gelembung gas nitrogen mulai terbentuk di paru-paru, jaringan dan aliran darah saat penyelam naik ke permukaan air. Akibatnya, darah yang mengalir akan terhalang dan terjadi kerusakan pada pembuluh darah yang pada akhirnya berujung pada kematian. Perawatan hiperbarik dapat menjadi upaya dalam mengurangi efek negatif dari nitrogen.

Selain itu, terapi hiperbarik kerap berdampingan dengan obat anti-aging (anti penuaan dini). Dengan adanya terapi anti penuaan dini ini, seseorang dapat terlihat lebih muda, meskipun usia terus bertambah. Terapi ini dapat membantu mengurangi resiko terserang penyakit yang berkaitan erat dengan penuaan.

Perawatan oksigen hiperbarik merupakan proses pemberian oksigen 100% kepada pasien di dalam lingkungan yang bertekanan. Sehingga dilakukan di ruangan yang khusus, yang dikenal dengan kamar hiperbarik. Ruangan tersebut dirancang secara khusus sehingga kebal terhadap tekanan di dalam yang bertambah. Tujuan dari pengiriman oksigen murni ke dalam kamar tersebut adalah menyalurkan sejumlah oksigen ke dalam tubuh yang nantinya akan membantu dalam peremajaan jaringan tubuh.

Sumber : http://www.sumber.com/hiburan/berita-terkini-hiburan/sumber/takut-penuaan-dini-cobalah-terapi-oksigen-hiperbarik.html