Terapi Hiperbarik Ternyata Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Foto Berita

Terapi Hiperbarik Ternyata Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Dalam dunia medis dikenal Hyperbaric Oxygen Treatment (HBOT) atau terapi oksigen hiperbarik. Terapi yang biasa diberikan kepada penyelam yang mengalami dekompresi ini ternyata bisa untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit. Seperti diabetes, masalah gangguan saraf dan stroke, autisme, mempercepat pemulihan luka tubuh akibat kecelakaan, alergi. Bahkan juga untuk membantu terapi kemandulan atau infertilitas dan untuk membantu merangsang kolagen peremajaan kulit, serta kebugaran tubuh. 

Hal tersebut dikatakan oleh kepala Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL (Lakesla) Kolonel dr Herjunianto, SpPD, MMRS. “Terapi oksigen hiperbarik ini merupakan proses pemberian oksigen kepada peserta terapi di dalam ruangan khusus dengan tekanan tertentu,” kata Heru di ruang kerjanya, Senin (9/10).

Terapi hiperbarik oksigen ini pada awalnya hanya di peruntukkan untuk prajurit TNI AL yang mengalami gangguan kesehatan akibat penyelaman atau gangguan lainnya. Prinsip kerja hiperbarik ini adalah untuk meningkatkan kelarutan oksigen dalam darah plasma dan jaringan tubuh pasien. Sehingga merangsang pembentukan sel-sel dan jaringan baru pada tubuh lebih cepat.

“Perawatan dengan cara seperti ini dapat digunakan sebagai perawatan utama atau perawatan tambahan dengan intervensi medis yang lain, seperti penggunaan antibiotik atau tindakan operasi,” imbuh Herjun. 

Herjun menjelaskan, pasien yang melakukan terapi ini akan menjalani beberapa pemeriksaan terlebih dahulu, seperti pemeriksaan jantung, paru paru, telinga, foto dada dan asma. Setelah memenuhi persyaratan, pasien akan dimasukkan ke dalam ruang udara bertekanan tinggi (chamber, Red).  Ruang khusus ini terbuat dari besi tebal menyerupai badan kapal selam. 

“Waktu yang diperlukan untuk satu kali terapi tergantung dari kondisi pasien. Setelah itu kami evaluasi,” ungkap Herjun.  

Tentang Lakesla, Heru menjelaskan jika lembaga yang dipimpinnya ini merupakan lembaga kesehatan yang dinaungi TNI AL. Tugas pokoknya adalah mengurusi kesehatan bawah air dan hiperbarik.

Sumber : https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2017/10/10/18773/terapi-hiperbarik-ternyata-bisa-sembuhkan-berbagai-penyakit