MANFAAT TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK PADA DEKOMPRESI

Foto Berita

MANFAAT TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK PADA DEKOMPRESI

Penyakit dekompresi umumnya disebabkan oleh dekompresi yang salah atau inadekuat. Bisa muncul dalam bentuk akut atau kritis. Penyakit dekompresi dapat dibagi menjadi 2 tipe berdasarkan gejala-gejala klinisnya, yaitu:

1. Tipe 1 (ringan)

Gejala utamanya adalah nyeri, terutama di daerah persendian dan otot-otot di sekitarnya. Bisa timbul mendadak atau berangsur-angsur. Nyeri periartikuler ini mulanya hanya berupa rasa kaku atau tidak enak yang sukar dilukiskan. Rasa sakit sering bertambah setelah 24 jam tanpa terapi, biasanya akan reda dalam waktu 3-7 hari dan berubah jadi rasa nyeri tumpul.

2. Tipe II (serius)

Tipe ini adalah penyakit dekompresi yang serius, dimana yang terserang sistem saraf pusat atau sistem kardiopulmoner. Tipe 2 digambarkan sebagai gejala selain nyeri, atau dengan gambaran klinis termasuk vertigo, syok, gangguan penglihatan, paralisis, gangguan bicara, kejang, atau penurunan kesadaran. 

Pertolongan pertama yang terbaik untuk dekompresi adalah memberikan oksigen 100% untuk beberapa jam walaupun manifestasi klinis sudah menghilang. Oksigen murni akan mencuci gas inert dari paru dan mengurangi tekaan nitrogen yang terlarut dalam plasma atau jaringan sehingga mempercepat larutnya kembali gelembung gas inert. Tindakan berikutnya yang harus dilakukan adalah rekompresi yang harus dilakukan secepatnya. Rekompresi 100% oksigen akan menurunkan volume gelembung gas inert kembali ke dalam darah. Rekompresi sebaiknya tetap dilakukan walaupun gejala sudah membeik dengan pertolngan pertama. #Hiperbarik #lakesla #HBO