HUBUNGAN TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK DAN LUKA DIABETIC

Foto Berita

HUBUNGAN TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK DAN LUKA DIABETIC

Diabetes melitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronik yang terjadi di seluruh negara di dunia, dan terus menerus mengalami peningkatan jumlah yang signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2011 terdapat 366 juta orang penderita DM (diabetisi) di dunia, dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 552 juta orang di tahun 2030. Di Indonesia sendiri, menurut data dari Perkumpulan Endokrin Indonesaia (PERKENI) (2009), di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), hampir 70% dari pasien DM dirawat dengan diagnosis ulkus kaki diabetes. Hal ini menunjukkan bahwa diabetisi pada umumnya baru mengunjungi pelayanan kesehatan jika sudah mengalami komplikasi kaki yang sudah terdapat luka.

Seperti gambar diatas pada gambar sebelah kiri bisa dilihat bahwa pada bagian pinggiran luka sudah berwarna hitam atau mengalami nekrosis (jaringan mati) pada luka tersebut seharusnya pasien sudah melakukan perawatan luka agar luka tidak semakin memburuk. Pada luka sebelah kanan bisa dilihat bahwa luka sudah mengalami granulasi dan warna hitam dibagian luar luka sudah menghilang, pada luka sebelah kanan pasien sudah melakukan terapi oksigen hiperbarik sebanyak 27 X. 

Apa itu Terapi Oksigen hiperbarik adalah pemberian oksigen tekanan tinggi atau labih 1 ATA untuk pengobatan. Tekanan 1 ATA adalah tekanan udara yang dialami oleh semua benda, termasuk manusia, diatas permukaan laut. Terapi oksigen hiperbarik memiliki efek dalam meningkatkan solubilitas oksigen dalam plasma, sehingga meningkatkan konsentrasi oksigen pada seluruh jaringan tubuh, bahkan pada aliran darah yang berkurang dan merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru untuk meningkatkan aliran darah pada sirkulasi yang berkurang. 

Pada luka tersebut akan dialirkan oksigen sehingga akan tumbuh jaringan baru biasanya ditandai dengan granulasi berwarna merah seperti gambar diatas. Pada luka biasanya terjadi penyumbatan sehingga oksigen tidak bisa mengalir pada bagian luka sehingga kebutuhan oksigen sangat berkurang. #lakesla#hbo#hiperbarik