MANFAAT TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK PADA PENYAKIT GUILLAIN BARRE (GBS)

Foto Berita

MANFAAT TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK PADA PENYAKIT GUILLAIN BARRE (GBS)

Apa itu penyakit GBS ?, GBS adalah sindroma yang memiliki karakteristik berupa paralisis asenden simetris yang berkembang secara cepat, biasanya mengikuti infeksi virus. GBS adalah gangguan kelemahan neuromuscular akut yang memburuk secara progresif yang dapat mengarah pada kelumpuhan total, tetapi biasanya paralisis sementara.

Penyebab dari GBS masih belum ditemukan, tetapi banyak ahli yang berpendapat bahwa infeksi virus menyebabkan terjadinya reaksi autoimun yang kemudian menyerang mielin saraf perifer. kerusakan myelin pada GBS menyebabkan adanya gangguan fungsi saraf perifer, yakni motorik, sensorik, dan otonom. Manifestasi klinis yang utama adalah kelemahan motorik yang bervariasi, dimulai dari ataksia sampai paralisis motorik total yang melibatkan otot-ototpernafasan sehingga menimbulkan kematian.

Terapi Oksigen Hiperbarik merusebuah terapi yang menggunakan oksigen 100% di dalam suatu chamber dengan tekanan lebih dar 1 atmosfer absolut (ATA) terhadap tubuh sebagai pengobatan. Manfaat HBO dapat memblok produksi radikal bebas oksigen, termasuk Reactive Oxygen Species (ROS), ROS dapt sangat meningkat dalam kondisi inflamasi,ROS juga dapat merusak selubung myelin, memicu serangan makrofag. Jadi, dengan memblok produksi ROS, terapi HBO dapat menurunkan terjadinya demyelinasi pada inflammatory demyelinating disorders seperti pada GBS. Terapi HBO juga menginduksi regenerasi axon dengan mereduksi atau memblok produksi radikal oksigen. #lakesla #hiperbari #hbo