MANFAAT TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK DENGAN ASMA ALERGI

Foto Berita

MANFAAT TERAPI OKSIGEN HIPERBARIK DENGAN ASMA ALERGI

Asma merupakan penyakit kronis saluran pernafasan yang ditandai dengan peningkatan rektivitas terhadap berbagai stimulus dan sumbatan saluran nafas yang bisa kembali spontan atau pengobatan yang sesuai. Asma dapat bersifat ringan dan tidak menganggu aktivitas, akan tetapi bersifat menetap dan menganggu aktifitas bahkan kegiatan harian. 

Batuk, sesak nafas, wheezing merupakan trias gejala asma. Bila gejala dan tanda tidak spesifik sulit dibedakan dengan penyakit lain, oleh sebab itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti faal paru yang menunjukan obstruksi yang rebersibel merupakan alat diagnosis pasti.

Fungsi dari terapi oksigen hiperbarik  pada penderita asma diharapkan dapat mengurangi inflamasi dengan cara menurunkan mediator-mediator inflamsi dan juga terjadi vasokonstriksi yang mana dapat menyebabkan penyempitan dari lumen pembuluh darah sehingga dapat mengurangi oedema pada saluran nafas. Pada penelitian yang dilakukan oleh california integrative hyperbaric center pemberian terapi oksigen  murni dihirup selama 2 jam setiap hari dibawah tekanan 0,20 Mpa abs dapat menghambat T-limfosit yang menginduksi degranulasi sel mast pada tikus dan mengurangi T-limfosit pada darah tepi kelinci, dan secara signifikan menurunkan angka produksi antibodi pada tikus.