Badan Menjadi Segar Setelah Melakukan Terapi Oksigen Hiperbarik (HBOT)

Foto Berita

Badan Menjadi Segar Setelah Melakukan Terapi Oksigen Hiperbarik (HBOT)

Orang awam tidak mengetahui betapa pentingnya oksigen untuk menyembuhkan jaringan tubuh yang rusak dengan tepat, baik di kulit, otot ataupun tulang.Terapi oksigen hiperbarik atau dikenal dalam bahasa ilmiahnya bernama Hyperbaric Oxygen Treatment (HBOT) adalah proses pemberian oksigen 100 persen kepada pasien di dalam alat berupa mesin oksigen menyerupai tabung berbentuk kapal selam.

Ini dilakukan di dalam sebuah ruangan khusus yang dikenal dengan sebutan mesin hiperbarik. Dirancang secara khusus sehingga kebal terhadap tekanan di dalam yang bertambah. Tujuan dari pengiriman oksigen murni ke dalam ruangan mesin ini adalah untuk menyalurkan sejumlah oksigen ke dalam tubuh yang akan membantu dalam peremajaan jaringan tubuh.

Terapi oksigen hiperbarik (HBOT) adalah terapi medis dimana pasien dalam suatu ruangan menghisap oksigen tekanan tinggi (100%) atau pada tekanan barometer tinggi (hyperbaric chamber).

Awalnya, terapi tersebut digunakan untuk membebaskan penyelam dari sebuah kondisi berbahaya yang dikenal dengan penyakit pengurangan tekanan udara atau "the bends" yang terjadi akibat gelembung gas nitrogen mulai terbentuk di paru-paru, jaringan dan aliran darah penyelam saat naik ke permukaan air. Akibatnya, darah yang mengalir bisa terhalang dan rusaklah pembuluh darah yang bisa membawa ke kematian. Perawatan hiperbarik ini mengurangi efek negatif dari nitrogen.

Manfaat terapi ini:

1. Meningkatkan kadar oksigen dalam seluruh jaringan tubuh.

2. Membantu pembentukan pembuluh darah baru (angiogenesis).

3. Mengurangi reaksi radang dan pembengkakan.

4. Meningkatkan kemampuan sistem kekebalan melawan infeksi tertentu.

Adapun cara HBOT pada prinsipnya adalah diawali dengan pemberianO2 100%, tekanan 2 ? 3 Atm . Tahap selanjutnya dilanjutkan dengan pengobatan decompresion sickness. Maka akan terjadi kerusakan jaringan, penyembuhan luka, hipoksia sekitar luka. Kondisi ini akan memicu meningkatnya fibroblast, sintesa kolagen, rasio RNA/DNA, peningkatan leukosit killing, serta angiogenesis yang menyebabkan neovaskularisasi jaringan luka. Kemudian akan terjadi peningkatan dan perbaikan aliran darah mikrovaskular.

Indikasi-indikasi lain dilakukannya HBOT adalah untuk mempercepat penyembuhan penyakit, luka akibat radiasi, cedera kompresi, osteomyelitis, intoksikasi karbonmonoksida, emboli udara, gangren, infeksi jaringan lunak yang sudah nekrotik, Skin graft dan flap, luka bakar, abses intrakranial dan anemia.

Sekarang ini terapi HBOT meluas pemakaiannya sebagai terapi kebugaran tubuh dan untuk kecantikan sebagai terapi supaya awet muda, segar, wajah bercahaya dan untuk kebugaran tubuh.

 

Sumber : http://cintajember.com/berita-acara/108-badan-menjadi-segar-setelah-melakukan-terapi-oksigen-hiperbarik-hbot.html