PENYULUHAN PENGARUH TERAPI HIPERBARIK PADA PENYAKIT OSTEOMIELITIS

Foto Berita

PENYULUHAN PENGARUH TERAPI HIPERBARIK PADA PENYAKIT OSTEOMIELITIS

Oleh : Mahasiswa Stikes Hang Tuah Surabaya dan Serka Taukhid sebagai instruktur.

Osteomielitis adalah suatu penyakit infeksi yang terjadi pada tulang. Infeksi yang mengenai tulang lebih sulit disembuhkan daripada infeksi yangterjadi pada jaringan lunak karena terbatasnya asupan darah, respons jaringan terhadap inflamasi, tingginya tekanan jaringan, dan pembentukan tulang baru di sekeliling jaringan tulang mati atau involokrum. Faktor Penyebab 70-80 % Osteomielitis paling besar adalah Staphylococus aureus, penyebab lain Osteomielitis adalah organisme patogenik lainnya yang sering dijumpai yaitu proteus dan pseudomonas.

Gejala Osteomielitis adalah demam (tanda umum infeksiI, lelah dan letih, peradangan di sekitar tulang yang terinfeksi, dan tidak bisa bergerak bebas. Penanganan Osteomielitis dengan cara daerah yang terkena diimobilisasi untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah terjadinya fraktur, lakukan rendaman salin hangat selama 20 menit beberapa kali sehari untuk meningkatkan aliran darah, pemberian terapi oksigen hiperbarik. Osteomielitis jika tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan Septic arthritis menyebarnya infeksi dari dalam tulang ke sendi terdekat, Osteonekrosis atau kematian tulang akibat terhalangnya sirkulasi darah di dalam tulang, pertumbuhan tulang secara abnormal pada anak-anak, dan kanker kulit.

Gambar Osteomielitis

Pengaruh Terapi Oksigen Hiperbarik pada penyakit Osteomielitis meningkatkan tekanan oksigen jaringan, tulang jaringan lunak yang mengalami penyembuhan akibat iskemik. Mekanisme HBO dalam pengobatan Osteomielitis adalah :

  1. Meningkatkan tekanan oksigen pada jaringan
  2. Meningkatkan mekanisme fagiosit leukosit padatulang dan luka dengan tekanan oksigen rendah.
  3. Tekanan optimal oksigen meningkatkan osteogenesis atau neurovas kalurisasi pada daerah yang mengalami kematian jaringan, pembuluh darah atau jaringan lunak.
  4. HBO meningkatkan aktivitas osteoklastik untuk menghilangkan debris padatulang dan juga menghambat pertumbuhan organisme anaerobik dan jaringan hipoksia.