Profil LAKESLA

profile Profil

kantor

LAKESLA Drs. Med. R. Rijadi S., Phys

LAKESLA Drs. Med. R. RIJADI S., Phys

Visi

      Dalam rangka mewujudkan kesiapan dan kemampuan Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys sesuai dengan perkembangan TNI AL guna mendukung tugas dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys mempunyai visi : SEBAGAI PUSAT UNGGULAN KESEHATAN MATRA LAUT.

 

Misi

      Untuk mewujudkan visi Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys dan memberikan peluang untuk perubahan sesuai tuntutan lingkungan maka ditetapkan misi Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys sebagai berikut :

  1. Menyiapkan dukungan kesehatan penyelaman.
  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengembangan dalam bidang kesehatan matra laut.
  3. Mengembangkan teknologi kesehatan matra laut.
DIDIRIKAN  :   29 April 1982
ALAMAT :   JL. GADUNG NO. 1 SURABAYA JATIM (di Komplek RSAL Dr. Ramelan)
KALAKESLA :   dr. Herjunianto, Sp.PD, MMRS. 
PROGRAM PELAYANAN

:   TERAPI O2 HIPERBARIK (Terapi oksigen hiperbarik adalah terapi menggunakan oksigen murni 100% sebagai media nafas yang di dalam ruang udara bertekanan tinggi (hyperbaric chamber) dengan tekanan 2,4 ATA. Terapi oksigen hiperbarik dapat mengatasi penyakit antara lain :

  1. Penyakit Dekompresi akibat penyelam  
  2. Diabetes Militus  
  3. Emboli gas  
  4. Keracunan CO dan CO
  5. Pasca Stroke 
  6. Luka Bakar
  7. Kebugaran dan Kecantikan 
  8. Cangkokan Kulit / Penyambungan Orgam
  9. Osteomyelitis
  10. Sudden Deafness / Tuli mendadak
  11. Autisme
  12. Penyakit Jantung Koroner
  13. Meningkatkan IQ
  14. Dll
DOKTER :   6 Orang
STAF :   88 Orang
WEBSITE :   lakesla.com
KONTAK :   031-842117
FAX :   031-8439042

 

SEJARAH

I. PERIODE 1968 -1971

Dalam periode ini Lakesla masih merupakan cikal bakal, sedangkan institusi ini masih bernama Lemkesal yang dipimpin oleh dr. Dardjo.

       Pada tahun 1968 tercetuslah ide untuk mendirikan  Lembaga Kesehatan yang digagas di Graving dock “Irian”  guna mendukung operasional Armada R.I. adapun para pencetus ide tersebut adalah

  1. Dokter Soesanto Mangoen Sardjito, pernah pendidikan di Polandia
  2. Dokter Dardjo pernah pendidikan di Rusia
  3. Med. R. Rijadi Sastropanoelar,.Phys pernah pendidikan di Yugoslavia
  4. Dokter Donir Djonhar pernah pendidikan di Jepang
  5. Dokter Sigit Widodo

Dari hasil kesepakatan bersama maka berdirilah suatu lembaga kesehatan yang diberi nama : “LEMKESAL”   bertempat di Diskes Konatal (PAL) Surabaya .

Keberadaan Lemkesal pada saat itu, merupakan Surlakteklap Jankesal, yang rencananya  akan ditugasi untuk  meneliti dan mengembangkan bidang Kimia, Faal dan Kesehatan Pelabuhan.

     Bidang Kimia : meneliti dan mengembangkan pertahanan Armada R.I. dari serangan senjata kimia, biologi dan nuklir, namun dalam perkembangan sejarahnya tugas ini  di bebankan ke “LAFIAL“.

Bidang Faal : meneliti dan mengembangkan Ilmu  Faal  untuk  mendukung kemampuan tempur prajurit ALRI yang bertugas   di  kapal  atas air, kapal selam, tank amphibi, pesawat udara dan bataliyon  KKO–AL.

         Bidang Kesehatan Pelabuhan  saat itu merencanakan untuk melakukan tugas fumigasi dan karantina. dalam perkembangan sejarahnya tugas ini di bebankan ke Diskes  Kodamar IV.

         Dari ketiga bidang tersebut diatas maka hanya  bidang faal yang dikembangkan  oleh Lemkesal. Lemkesal saat itu pernah ditugasi untuk melakukan penelitian Ransum laut  bagi ABK, sedang pelaksanaan penelitian di R.I. “IRIAN”,  guna menentukan kebutuhan  gizi prajurit ALRI.

 

II. PERIODE 1971 - 1987  

         Pada periode ini kepemimpinan Lemkesal sudah di serahkan kepada Drs. Med. R. Rijadi S Phys., yang kemudian kantor Lemkesal pindah dari Diskes Konatal (PAL ) ke Jln Pati Unus (Sekarang Diskes Lantamal V Surabaya) yang kemudian Lemkesal berganti nama “LAPUSKESPREV”. Dari sinilah  Lapuskesprev mulai  berkiprah dengan pengadaan alat-alat pendukung operasional Penelitian dan Pengembangan Ilmu  Faal misalnya: WBGT, AUDIOMETRI, ERGOCYCLE ,   ECG, PULSEMETER, STEP UP TEST, SPIRO MERA / COLLIN, BMR, ANTROPOMETRI DLL.

 

Momentum peresmiam gedung Lakesla ini untuk selanjutnya di jadikan dasar berdirinya Lakesla :  29 April 1982

Dengan semangat baru  karena mempunyai gedung sendiri maka terpikir untuk membuat Logo dan  Semboyan. “ RUMEKSA JALA PUTRA

LAKESLA

 

 

Logo Lakesla di desain oleh Slamet PNS sedangkan Semboyan “ RUMEKSA JALA PUTRA “ oleh Drs. Med R.Rijadi S. Phys yang mempunyai arti :

RUMEKSA :

  1. Memelihara
  2. Perawat
  3. Melindungi
  4. Membina

JALA  :

  1. Laut
  2. Samudra
  3. Bahari

PUTRA :

  1. Prajurit
  2. Anak

        Pada saat itu   Lakesla dibawah binaan Dirkesal, namun pada tanggal 17 Juni 1985 karena dinamika perobahan Organisasi maka Lakesla tidak lagi di bawah kendali Dirkesal, di  alihkan binakan ke Armada,  mulai saat itu Lakesla di bawah kendali Pangarma ( Sprin Kasal No: 735 / VI / 1985 tanggal 14 Juni 1985 ).

Dalam perjalanan sejarah, Pangarma mengeluarkan surat perintah kepada Dan Lantamal Surabaya untuk  mengendalikan Lakesla ( Sp  Pangarma No : 194 / VII / 1985 tanggal 8 Juli 1985).

Dari hasil evaluasi  Pimpinan TNI AL maka Lakesla kembali dibawah kendali Dirkesal pada tanggal : 8 Oktober 1986 ( K. Gram Kasal No: 22 TWU 0828.17 26  ).   Selama periode ini  banyak tugas-tugas yang di laksanakan selain penelitian dan pengembangan Ilmu Faal juga Ilmu Kesehatan Hiperbarik.

RUMEKSA JALA PUTRA mempunyai makna :  Merawat dan membina Prajurit Angkatan Laut